Garut. Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) Kabupaten Garut gelar kunjungan silaturahim dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut, pada Rabu (28/12/22).

Baca Juga: https://ipnuippnugarut.org/2022/12/30/bawaslu-kabupaten-garut-apresiasi-silaturahmi-ipnu-ippnu/

Dalam kunjungan tersebut, Faiz Shihab menyampaikan upaya PC IPNU IPPNU Garut untuk membangun sinergi dengan Dinas Pendidikan kabupaten Garut.

“Apa pun yang dapat disinergikan, PC IPNU IPPNU Kabupaten Garut akan siap untuk berkolaborasi,” tutur ketua PC IPNU Garut.

Lanjut Faiz, pihaknya sudah menyusun sebuah Buku Panduan yang harapannya supaya pelaksanaan MPLS-BA pada tahun 2023 ini menjadi lebih baik dan memberikan kesan positif terhadap para pelajar.

“Al-Hamdulillah, setelah melalui beberapa analisi data, kami telah¬†menyelesaikan buku Panduan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Berbasis Aswaja (MPLS-BA) untuk Tingkat SMP/MTs-SMA/ sederajat Kabupaten Garut,” ujarnya.

Buku Pedoman Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Berbasis Aswaja (MPLS-BA) SMP/MTs, SMA/sederajat Kabupaten Garut ini disusun dengan maksud untuk kelancaran pelaksanaan MPLS-BA yang diselenggarakan oleh setiap sekolahan.

“Pelaksanaan MPLS-BA tetap memberikan kesan yang baik, menyenangkan, dan menggembirakan dengan berhaluan aswaja sehingga pelajar baru dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dan warga sekolah,” tambahnya.

Baca Juga: https://ipnuippnugarut.org/2022/12/30/nasib-nu-ke-depan-ada-di-tangan-ipnu-ippnu-sekarang/

Sekretaris Disdik Garut sedang menyampaikan apresiasi kedatangan PC IPNU IPPNU Garut

Sementara itu, ketua PC IPPNU Garut, Alis Suminar berharap, IPNU IPPNU Garut supaya bisa hadir di setiap lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan.

Alis juga mengatakan, dalam gelaran pelantikan di bulan Januari, pihaknya akan mengundang perwakilan dari setiap lembaga pendidikan untuk ikut dalam kegiatan deklarasi pelajar. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi para pelajar terkait pentingnya meningkatkan literasi untuk berbagai aspek, mulai dari pendidikan, ekonomi, politik dan lain-lain.

“Narasi besar dalam kegiatan ini adalam meningkatkan minta Literasi para pelajar Garut, untuk menghadapi bonus demografi di 2045,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Mohamad Yusup, S.Pd., M.Pd., menyambut baik kedatangan PC IPNU IPPNU Garut tersebut. Dirinya menilai, IPNU IPPNU merupakan salah satu organisasi yang terus konsisten dalam mengawal perkembangan isu pelajar di Garut.

“Terima Kasih kepada IPNU IPPNU Garut yang selalu aktif dan konsisten dalam memonitor isu keterpelajaran, dibuktikan dengan seringnya bertukar pikiran ke sini, semoga ikhtiar ini mendapatkan hasil yang baik dalam dakwah Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah,” ujarnya.

Baca Juga: https://ipnuippnugarut.org/2022/12/27/ketua-ippnu-garut-tegaskan-perempuan-harus-menjadi-motorik-dalam-mendedikasikan-dirinya-pada-ranah-publik-dan-domestik/

Dirinya menyebut, asal IPNU IPPNU Garut mempunyai data terkait para pelajar yang berprestasi, Disdik siap untuk memfasilitasinya.

Lebih lanjut, dirinya tertarik dengan buku panduan yang diberikan PC IPNU IPPNU Garut, ia menegaskan siap untuk mengomunikasikan dengan kepala bagian dan lembaga yang ada di bawah naungannya untuk berkolaborasi terkait program tersebut.

“Saya pribadi suka dengan program ini, jelas tujuannya, nanti kita kaji dulu, sebelum dipublikasikan ke semua lembaga,” tutupnya.

Pewarta: Ikhdam

Dokumentasi: Desandi

Baca Juga: https://ipnuippnugarut.org/2022/12/26/1744/